<body>




Photobucket
Friday, December 08, 2006
Serial Bintang 3

:: Basa-basi dan Konotasi ::


Masih inget gag, betapa Baim bisa begitu judes kalo ngejawab telpon? Baca disini...

Bintang nomer 2 (Baim) dan nomer 3 (Tatyana) lagi barengan di study-room,
"Mas, kalo jawab telpon dari temenku mbok-ya jangan judes gitu toh..."
"Hm? Kapan?" Baim yg ditegor, gag mengangkat kepalanya barang se-senti pun dari layar monitor.
"Yang kapan itu loh. Yang sore-sore! Kasian temenku kan kaget kamu sentak-sentak (sentak = bentak)gitu."
"Sapa yg nyentak? Wong dianya mbulet aja. Aku tanya mo ngomong ama Bintang yg mana, malah telponnya ditutup!"
"Ih," Tatyana cemberut, "Rugi kamu, judesin dia! Dia tuh cantik, tauk!"
Akhirnya Baim mengangkat kepala dan memandang adeknya itu dengan pandangan dingin, "Trus emang kalo cantik, kenapa? Bisa berbuat seenaknya? Gitu? Semua orang harus maklum?"

Ouch! Ini kakak-beradik kadang akur, kadang suka terlibat debat kusir juga.

"Kok jadi ngelantur sih? Ya pokoknya kamu tuh kalo angkat telpon mbok ya basa-basi dikit. Jangan judesin orang sembarangan toh..." Ugh! Tatyana sebel deh kalo udah masuk ke obrolan kayak gini. Kakaknya itu bener-bener gag mau kalah.

"Apa?? Basa-basi??! ALah, kayak yg kamu doyan aja berbasa-basi ria! Tuh kamu digosipin tetangga, gara-gara gag doyan berbasa-basi!!" kata-kata Baim cukup menyentil Tatyana. Dia? Digosipin tetangga?? Oh my God, masa iya sih?
Sambil merengut, Tatyana keluar dan menuju kamar Mama. Mbak Rein biasanya numpang pake komputer di kamar Mama, kalo yg di study-room dipake adik-adiknya.

"Mbak..."
"Hmm, ada apa Say?"
"Mbak... emang ada berita apa sih?"
"Hmm?" Rein menghentikan mengetiknya dan menatap Tatyana yang lagi merengut, "Emang ada berita apa?" dia balik bertanya.
"Kata mas Baim, aku digosipin tetangga."

Rein menghela napas. Tadi sore pas Tatyana belom pulang, si Mbok cerita didepan Rein dan Baim, kalo ibu-ibu disekitar rumah mereka pada suka ngerasani alias ngegosipin Tatyana. Mereka bilang, Tatyana gag aktif di pengajian remaja; dan gag pernah mampir kalo ada kumpulan ibu-ibu or mbak-mbak nongkrong di depan salah satu rumah. Yah sekedar say hello, Sore ibu-ibu... pada ngumpul nih? Ngomongin Lapindo apa gosip artis? Ya udah, saya lanjut jalan dulu ya.... Yah pokoknya bergaul lah ama tetangga. Basa-basi dikitlah, kalo pulang kuliah naik motor, kan bisa mampir bentar di gerombolan ibu-ibu ituh.

"Oh jadi gitu ceritanya, ah biarin lah. Aku males basa-basi sama orang-orang kayak gitu!" Tatyana melengos.
Rein yg telah menamatkan ceritanya, perlahan melirik ke adik bungsunya ini. Tatyana sebenarnya lumayan supel. Gampang bergaul. Tapi ntah mengapa kalo urusan silaturahmi ama tetangga, dia paling ogah-seogah-ogah-nya.

"Mbak, masih inget gag waktu Papa meninggal 5 tahun yg lalu?"
Rein terkesiap. Kenapa Tatyana mendadak menanyakan hal itu? "Iya, kenapa emang?"
Tatyana terdiam sejenak, "Umm..waktu itu, beberapa bulan setelah Papa meninggal, aku kan ke warung di gang sebelah. Trus aku ketemu ama Bu Hardi yang tetangga nomer 23 itu loh! Ama Bu Gerry yg nomer 20! Mereka tuh nyapa aku gini loh, 'Oh ini toh Putri bungsunya bu Bintang. Aduh kasian ya, jadi Janda anaknya tiga. Ah tapi gak pa-pa, kan Mama-mu masih muda. Masih bisa nyari suami lagi. Asal jangan suami orang aja yang digangguin,' Gitu mbak mereka menyapa aku! Apanya aku gag sakit hati! Papa baru meninggal, tapi mereka udah sinis gitu sama Mama! Cuma karena Mama janda!!"

Rein tak kuasa menahan air mata, ketika dilihatnya Tatyana mulai menangis.
"Apa mereka pikir Janda itu identik dengan penggoda laki-laki?? Janda itu berkonotasi? Sialan semua emang ibu-ibu disini itu Mbak!" Tatyana membanting bantal dikasur Mama dengan kesal.
"Tatya... tapi kan gag semuanya ibu-ibu disini gitu," Rein masih mencoba menenangkan amarah Tatyana yang tanpa dia tahu, sudah terpendam selama 5 tahun ini.

"Apanya? Mbak gag tau sih! Dulu, pas 2 tahun lalu itu, kan aku sering main kerumah Farah yang didepan rumahnya Bu Gerry. Waktu itu aku dengerin kalo mama-nya Farah, si tante Jatmiko itu, juga lagi ngegosipin Mama kita, barengan ama Bu Gerry dan si Ibu yg tinggal di nomer 19 itu! Mereka bilang, kok bisa aku ama mas Baim tetep nerusin kuliah di swasta padahal Mama kan janda yang gag kerja. Gag berpenghasilan! AKu wes gag sanggup mbak, nerusin dengerin omongan mereka! Mereka itu jahat! Mereka gag tau kalo Kakek kan orang berada yang sanggup ngebiayain kita semua untuk tetep kuliah. Waktu Papa kecelakaan di lokasi Proyek, santunannya puluhan juta! Cukup untuk tetep mempertahankan rumah ini dan juga mobil kita."

Rein tercekat, gag sanggup berkata lagi. Tatya berlari keluar kamar Mama. Kalo Rein sudah tahu begini boroknya tetangga mereka, apakah besok dia masih sanggup berhalo-halo dan beramah-tamah dengan mereka?

Berbasa-basi?

|
{------posted @ 3:15 PM------}